Musda KNPI ditanggapi Satria

Musda KNPI Tanjabbar: Harapan Baru Pemuda

Opini ditulis oleh:
Satria
(Sekretaris Umum IKAMI SULSEL Cabang Tanjab Barat)

Memulai tulisan ini, saya ingin mengutip kalimat seorang teman yang bila ditulis seperti ini:

“Pemuda tidak boleh kehilangan harapan kemajuan-perubahan, bila Pemuda tak melihat harapan itu pada fakta yang ada, maka Pemuda mesti membentuk fakta baru”.

Saya teringat dan mengutip kalimat itu saat mendengar adanya spirit untuk melaksanakan Musyawarah Daerah (Musda) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) di Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat) yang d! Nahkodai oleh Bung Iqbal Linus di Tingkat Provinsi Jambi.

Bagi saya, Musda KNPI yang akan berlangsung pada Rabu (6/4/2022) itu adalah wujud semangat para Pemuda Tanjab Barat untuk mewujudkan harapan baru.

Hal demikian tidaklah berlebihan, melihat minimnya aktivitas pengembangan dari organ-organ kepemudaan yang ada di “Bumi Serengkuh Dayung Serentak Ketujuan”.

Apa Yang Sudah Dibuat Oleh Organ Kepemudaan Yang Ada Saat Ini?

Bisa kita saksikan, bahwa kegiatan kepemudaan hari ini hanya berkutat pada dua kategori kegiatan besar yang menghabiskan banyak energi bahkan anggaran, tapi tidak sebanding dengan perubahan.

Coba saja amati, kegiatan yang ada hanya seputar:

Pertama, kegiatan ceremonial seperti pelantikan, peninjauan, kunjungan, musyawarah pemilihan, forum puja-puji, kaderisasi yang tak teruji, dll, yang tidak berdampak pada peningkatan kecerdasan dan kemampuan kepemudaan untuk pembangunan daerah.

Kedua, kegiatan filantropi yang condong pada pamer simbol, tidak sistematis dan berjangka pendek. Hal itu membuat perubahan mendasar jadi sangat jauh dari kenyataan.

Dua kategori kegiatan yang mendominasi dunia Pemuda tersebut d! atas sepertinya hanya memiliki satu motivasi umum, yaitu cukup pada Pencitraan atau Pengakuan.

Dari realitas itu, saya memilih sikap untuk mendukung agenda Musda KNPI Tanjab Barat pada hari ini sebagai harapan baru untuk kemajuan dunia kepemudaan.

Dan saya apresiasi bahkan terdorong untuk ikut terlibat dalam pengurus KNPI versi baru ini, karena saya mendengar beberapa gagasan calon yang menyentuh hal mendasar dan strategis, d!antaranya:

1. Akan meningkatkan partisipasi aktif Pemuda dalam kegiatan pengembangan (soft skill dan hard skill) kepemudaan.

2. Akan meningkatkan kemampuan afektif, kognitif dan psikomotorik Pemuda dalam beraktivitas, baik dalam bidang sosial, budaya, ekonomi, pendidikan, politik, dll.

3. Akan meningkatkan transparansi kegiatan dan anggaran bagi kepemudaan.

Bagi saya, misi tersebut sangat pantas d!perjuangkan oleh kita para pemuda sekalian, baik dengan jalan bergabung dalam struktur organisasi maupun di luar organisasi.

Yang Baru Jangan Angkuh, Yang Lama Jangan Keruh & Gaduh

D!samping misi yang bagus, Ketua KNPI Tanjab Barat yang terpilih nantinya harus segera mungkin mewujudkan harapan yang dititipkan d! pundaknya. Selain itu, harus juga sadar, bahwa akan ada banyak mata yang akan terus memantau kerjanya.

Apakah KNPI versi baru ini akan kuat sekuat harapan Pemuda yang mendukungnya? mari kita tunggu realisasi gagasan dan gerakannya.

Untuk KNPI yang sudah ada, tidak perlu risau atas hadirnya KNPI versi baru itu. Tunjukkan saja gagasan dan gerakan untuk pemuda, karena yang terpenting adalah apa yang d!perbuat. Boleh saja risau, bila memang tidak buat apa-apa.

Salam Pergerakan!

1 thought on “Musda KNPI Tanjabbar: Harapan Baru Pemuda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *