MATERI MAPABA PMII (Poin Penting Dalam Materi)

Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) merupakan proses pertama dalam menyeleksi dan menerima anggota organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Mapaba juga merupakan bentuk kaderisasi formal tingkat basic dan pertama di PMII, sehingga setiap mahasiswa (calon anggota) yang ingin bergabung wajib melewati proses di Mapaba. Calon anggota baru nantinya akan menerima berbagai macam pengetahuan yang akan tersaji dalam materi Mapaba PMII.

Dalam proses Mapaba, ada beberapa materi penting yang akan tersaji bagi calon anggota PMII, beberapa materi penting (mendasar) itu adalah sebagai berikut:

1. Bina Suasana

Pada materi ini, peserta MAPABA akan mendapat proses pengenalan dan pengakraban antara satu dengan yang lain, tidak hanya sesama peserta, tapi panitia dan beberapa bagian penyelenggarapun ikut dalam penyajian materi ini.

Pada materi Bina Suasana ini juga mengharuskan peserta dan panitia menyepakati beberapa aturan yang lebih khusus dalam pelaksanaan MAPABA, sehingga peserta bersama panitia akan terikat dalam suatu kesepakatan (aturan) yang meliputi hak-hak tertentu, kewajiban-kewajiban tertentu, dan lain sebagainya.

2. Nilai Dasar Pergerakan

Pemateri akan memberikan penjelasan tentang rumusan yang menjadi Nilai Dasar Pergerakan (NDP) PMII, memberikan gambaran tentang nilai-nilai yang ada pada PMII, seperti nilai yang ada dalam pergerakan dan nilai yang menjadi pegangan organisasi, sehingga tergambar pentingnya NDP bagi PMII dalam bergerak dan berjuang dalam mencapai tujuan. Karena itu, untuk mendapat gambaran lebih lengkap, pembaca bisa membuka pokok-pokok pembahasan NDP, seperti:

  • Filosofi NDP;
  • Fungsi dan Kedudukan NDP dalam PMII;
  • Rumusan NDP;
  • Internalisasi dan Implementasi NDP dalam kehidupan sehari-hari dan dalam organisasi.

3. Ke-PMII-an

Materi Ke-PMII-an akan memberikan gambaran kepada peserta MAPABA terkait sejarah singkat lahirnya PMII dan hal-hal yang terkait dengan itu, serta beberapa hal lainnya juga akan terbahas seperti sistem atau manajemen organisasi, aturan organisasi, dan lain sebagainya. Karena itu, untuk mendapat gambaran lebih lengkap, pembaca bisa membuka pokok-pokok pembahasan Ke-PMII-an, seperti:

  • Sejarah lahirnya PMII;
  • Perangkat konstitusi dan aturan yang ada di PMII;
  • Fungsi dan arti Perangkat konstitusi dan aturan yang ada di PMII;
  • Manajemen organisasi PMII.

4. Ke-Mahasiswa-an

Materi Ke-Mahasiswa-an akan memberi gambaran terhadap calon anggota PMII tentang pentingnya posisi mahasiswa dalam perjuangan atau pergerakan. Pemateri akan memaparkan sejarah perjuangan mahasiswa di Indonesia dan peran PMII dalam pergerakannya. Dari pemaparan materi Ke-Mahasiswa-an itu, calon anggota akan mampu memposisikan dirinya sebagai manusia yang penting dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. (Selengkapnya: Baca Disini). Karena itu, untuk mendapat gambaran lebih lengkap, pembaca bisa membuka pokok-pokok pembahasan tentang Ke-Mahasiswa-an, seperti:

5. Ke-Islam-an

Pada materi ini, pemateri akan membahas hal-hal tentang nilai universal Ihsan, Iman, dan Islam yang ada di PMII, dan pemateri juga akan memaparkan bagaimana sejarah perkembangan Islam secara umum di Indonesia. Kemudian, pemaparan terkait fungsi Islam sebagai agama yang mendorong perubahan sosial, sehingga calon anggota mengerti cara menegakkan Islam dalam perjuangan hidupnya. Karena itu, untuk mendapat gambaran lebih lengkap, pembaca bisa membuka pokok-pokok pembahasan materi Ke-Islam-an, seperti:

  • Sejarah dan latar belakang sosial, politik, ekonomi dari perkembangan Islam di Indonesia;
  • Prinsip dan nilai-nilai universalitas Islam;
  • Islam, keadilan dan transformasi sosial;
  • Islam Ahlussunnah Wal Jamaah.

6. Ke-Indonesia-an

Materi ini akan memberikan gambaran kepada calon anggota tentang sejarah Indonesia secara umum. Pemateri akan membahas tentang masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia, dari sejak masa kerajaan hingga hari ini. Selain itu, akan dipaparkan pula secara umum peran Indonesia dalam dunia internasional. Pada materi ini, calon anggota diharapkan dapat menggambarkan pentingnya membaca masa lalu Indonesia untuk mengisi masa depan nantinya. Karena itu, untuk mendapat gambaran lebih lengkap, pembaca bisa membuka pokok-pokok pembahasan materi Ke-Indonesia-an, seperti:

  • Sejarah Negara dan bangsa Indonesia Indonesia;
  • Sejarah gerakan pemuda di Indonesia;
  • Peranaan internasional dalam ke-bangsa-an Indonesia.

7. Studi Gender

Pada materi ini peserta MAPABA akan menerima pemaparan mengenai konstruksi sosial gender, analisis gender, dan hubungannya dengan Islam, Indonesia, dan dunia. Karena itu, untuk mendapat gambaran lebih lengkap, pembaca bisa membuka pokok-pokok pembahasan untuk Studi Gender, seperti:

  • Analisa Gender dan konstruksi sosial;
  • Kesetaraan gender;
  • Gender mainstreaming.

8. Muatan Lokal

Materi muatan lokal akan memberikan gambaran tentang kondisi daerah masing-masing. Pada materi ini peserta berfokus pada ilmu dan budaya yang di prioritaskan di daerah. Karena itu, untuk mendapat gambaran lebih lengkap, pembaca bisa membuka pokok-pokok pembahasan Muatan Lokal, seperti:

  • Antropologi kampus (geografi, psykografi, demografi dan sosiologis);
  • Sejarah dan dinamika PMII di daerah;
  • Materi tentang disiplin ilmu masing-masing (Jurusan, Fakultas dan/atau Kampus).

9. General Review

Pada materi ini, peserta akan mendapat gambaran hubungan masing-masing materi yang telah disampaikan sebelumnya. Selain itu, Peserta juga akan mendapatkan pijakan dan keyakinan untuk memilih PMII sebagai wadah perjuangan atau pergerakan. Karena itu, untuk mendapat gambaran lebih lengkap, pembaca bisa membuka pokok-pokok pembahasan pada General Review, seperti:

  • Substansi dari materi-materi yang telah tersampaikan;
  • Unsur-unsur kesinambungan antar materi yang telah disampaikan;
  • Pentingnya PMII sebagai wahana yang tepat untuk pengembangan diri dan memperjuangkan Ke-Islam-an, Ke-Indonesia-an dan Ke-masyarakat-an;
  • Pengembangan PMII bagi kampus sebagai organ intelektul.

Materi-materi yang tersampaikan dalam proses MAPABA adalah bahan yang harus ada pada setiap langkah anggota PMII. Dengan materi-materi tersebut, calon anggota yang telah resmi menjadi anggota PMII akan siap bergerak dan berjuang mewujudkan cita-cita atau tujuan organisasi.

Salam Pergerakan!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *